Pulau Gunung Api Banda

Salah satu Pulau yang patut disinggahi ketika berkunjung ke Kepulauan Banda adalah Pulau Gunung Api Banda. Pulau Gunung Api Banda merupakan sebuah pulau yang keseluruhan daratannya adalah gunung api vulkanis. Pulau Gunung Api Banda terletak di Laut Banda dan secara administratif masuk ke dalam Kecamatan Banda, Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Kepulauan Banda yang luasnya sekira 180 km persegi sudah menjadi destinasi favorit wisatawan Nusantara dan mancanegara. Keindahan gugusan kepulauan ini dihiasi sepuluh pulau yang telah berhasil menarik perhatian tokoh dunia  seperti Mick Jagger, Sarah Ferguson, dan Putri Diana. Bagaimana dengan Anda? Pernahkah menapakkan kaki  di Kepulauan Banda?

Gunung Api Banda memiliki ketinggian sekira 656 meter di atas permukaan laut dengan luas 734,46 ha. Tahun 1988 gunung ini sempat meletus dan telah merusak sebagian terumbu karang dan biota di Pulau Banda Besar. Akan tetapi, menurut penelitian UNESCO, justru akibat letusan Gunung Api Banda tersebut ternyata menjadikan pertumbuhan terumbu karang di tempat ini paling cepat didunia. Petumbuhan terumbu karang di Pulau Banda Besar hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 tahun sedangkan di tempat lain, petumbuhannya bisa mencapai puluhan tahun.

Karena potensi hayati alam bawah laut dan juga daratan di Kepulauan Banda maka tahun 1992 pemerintah setempat menetapkan Pulau Gunung Api Banda sebagai kawasan taman wisata alam. Keputusan tersebut tecantum dalam Surat Keputusan Menteri Kehutanan nomor 1135/Kpts-II/1992.

Daratan Pulau Gunung Api Banda selain memiliki panorama yang indah, juga dihuni beberapa satwa seperti beragam jenis burung endemik, kus-kus (Phalanger orientalis) dan beberapa flora termasuk pohon pala (Myristica fragrans), anggrek, dan flora lainnya sebagai hasil suksesi alami yang ikut menjadikan gugusan pulau ini semakin memesona. Ketika Anda tiba di sini maka bersiaplah disuguhi pemandangan pantai dan laut yang akan menawan hati .

Information

Find More  

Powered by pesona.indonesia.travel